Bupati Salihi Buka Konsolidasi PPIP tahun 2015

Bupati Salihi Buka Konsolidasi PPIP tahun 2015Bolmong – Bupati Hi Salihi Mokodongan telah membuka, sosialisai Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) dimana program tersebut merupakan program pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, dan akses hidup masyarakat miskin, hampir miskin, dan kaum perempuan termasuk kaum minoritas, dalam rangka pelayanan infrastruktur dasar perdesaan.

Terkait hal itu Pemkab Bolmong melalui Dinas PU Perumahan dan SDA Satker PPIP melaksanakan rapat konsolidasi persiapan pelaksanaan kegiatan pembinaan wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow TA 2015, yang berlangsung di ruang rapat dinas PU, Selasa (16/6)

Bupati dalam sambutannya mengatakan program pembangunan infrastruktur perdesaan (PPIP) berbasis pada pendekatan pemberdayaan masyarakat, pemberantasan kemiskinan ,partisipatif, penguatan kapasitas kelembagaan dan keswadaayaan serta kesetaraan gender.

”  dalam proses perencanaan dan penganggaran harus melibatkan masyarakat, bukan hanya dalam forum musyawarah perencanaan,tetapi harus dapat mengakomodasi aspirasi masyarakat, karena masyarakatlah yang paling tahu apa saja yang mereka butuhkan.” Tegas Salihi.

Selanjutnua Bupati juga menekankan empat hal penting yang harus diperhatikan :
1. Aparat desa, organisasi masyarakat serta kelompok pemanfaat dan pemelihara, dapat mengawal tahap demi tahap program, serta mendorong keterlibatan masyarakat sebagai pelaku utama tahapan program, sehingga berjalan dengan baik dan sesuai ketentuan.
2. Tim koordinasi dan tim pelaksana senantiasa berkomunikasi melalui program evaluasi dan monitoring bersama sesuai dengan tanggung jawab masing masing,sesuai juklak dan jenis PPIP TA 2015.
3. Pemilihan sarana dan prasarana publik PPIP dilakukan dengan selektif dan seksama, agar benar benar tepat sasaran.
4. Hasil dari program ini dapat menjadi aset bersama, dipelihara sehingga hasilnya dapat selalu dimanfaatkan bersama.

Sementara itu, Kadis PU Bolmong Ir Norma Makalalag , menerangkan PPIP ini merupakan lanjutan dari tahun 2014 di wilayah Bolmong TA 2015 dengan sumber biaya APBN.,” Sesuai keputusan Mentri PU bahwa kabupaten Bolmong telah ditetapkan berlokasi di 12 kecamatan dengan desa sasaran sebanyak 34 desa.,”Jelas Norma.

 

Titambahkan pula bahwa, Jika pada tahap I tahun 2014 tiap desa menerima Rp100 juta ,maka pada tahap II tahun 2015 ini menerima Rp150 juta, sehingga total anggaran setiap desa sasaran menjadi total Rp 250 juta. ,” PPIP TA 2015 merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI dengan 4440 desa sasaran di 371 kabupaten, tersebar di 33 propinsi. Apabila dirata ratakan tiap kabupaten mendapatkan 11-12 desa sasaran. Sementara untuk Bolmong tahun ini terealisasi 34 desa sasaran yang sekarang dalam tahap pelaksanaan fisik.,”

Kegiatan tersebut berjesempatan hadir diantaranya, Ass II Drs Djek Damopolii, Kadis PU Ir Norma Makalag, Satker PPIP Prop Sulut, Kepala SKPD terkait, Camat, Sangadi, Tim pelaksana PPIP Bolmong, Tokmas, Narasumber, fasilitator masyarakat, Panpel. (Sulhan)

 

Gerafik penerima PPIP
Desa penerima Dana PPIP :
Kecamatan Lolak : Desa Solok, Desa Lolak, Desa Motabang
Kecamatan Sang Tombolang : Desa Lolanan
Kecamatan Lolayan : Desa Matali Baru, Desa Tapa Aog, Desa Kopandakan II
Kecamatan Dumoga Timur : Desa Toruakat, Desa Pusian, Desa Pusian Selatan, Desa Pusian Barat, Desa Siniyung, Desa Kanaan.
Kecamatan Dumoga Barat: Desa Ikhwan, Desa Toraut, Desa Ibolian, Desa Werdhi Agung Utara.
Kecamatan Dumoga Utara : Desa Konarom,Desa Osion
Kecamatan Bilalang: Desa Bilalang Baru,Desa Bilalang III Utara, Desa Bilalang IV, Desa Bilalang III.
Kecamatan Passi Barat: Desa Wangga
Kecamatan Passi Timur: Desa Pangian Tengah, Desa Pangian Barat.
Kecamatan Bolaang : Desa Komaaangaan, Desa Solimandungan II
Kecamatan Bolaang Timur : Desa Bolaang I
Kecamatan Poigar : Desa Nonapan I

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.