Serapan Anggaran APBD Di Atas 70 Persen

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bolmong Ashari Sugeha.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bolmong Ashari Sugeha.

BOLMONG,Suarasulutnews.co.id- Penyerapan Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015, Pemerintah Kabupaten (Pemkkab Bolaang Mongondow (Bolmong) hingga memasuki triwulan empat sudah mencapai 70 persen. Hal itu sebagaimana di sampaikan Pelaksana Tugas (Pls) Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Ashari Sugeha.

Dikatakanya saat ini pihaknya akan terus memacu serapan anggaran di semua SatuanKerja Perangkat Daerah (SKPD) terutama pada kegiatan Fisik.

“Jika di klasifikasikan per SKPD maka serapan angaran berfariasi, ada yang suda mencapai 80 persen lebih. dan ada pula yang baru mencapai 60 persen,” Kata Ashari

Sehingga, bila akumulasinya di rata-ratakan lanjutnya lagi, serapan angaran sudah di atas 70 persen, meskipun semuanya di ukur pada fisik kegiatanya.

“Rata-rata perusahan yang menjadi pihak ketiga dalam kegiatan pekerjaan Fisik dan non fisik, mayoritas mengunakan modal sediri.Dan jika di lakukan pembayaran pembayaran sudah di atas 70 persen.” ucapnya

Di jelaskanya lagi, untuk setiap tahun anggaran, dana yang terserap pasti tidak akan mencapai 100 persen.Sebab,pada kegiatan tender, tentu ada Sisa Hasil Tendernya (SHT).

“Kita akan maksimalkan sebelum 15 Desember nanti, serapan anggaran sudah di aras 90 Pesen.” terangnya.

Sementara itu, Saat di tanya tentang SKPD apa saja yang paling teratas serapan anggaranya. Plt Sekda yang masih merangkap dengan jabatan Dinas Pendapatan,Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKAD) ini enggan untuk menyebutkanya.

“Setiap hari senin, berdasarkan Petunjuk Bupati Hi Salihi Mokodongan kita selalu melakukan Evaluasi yang di namakan Senin Bebas Temuan (SBT). Dari situlah terungkap serapan anggaran dari SKPD masing-masing,” pungkas Ashari.(Sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.