Webb FIFA Dituduh Dalam Kasus Korupsi Cayman Island:Media

SUSPENDED FIFA wakil presiden dan presiden CONCACAF Jeffrey Webb, sudah menghadapi tuduhan skandal suap sepak bola dunia, kini telah dibebankan dalam kasus penipuan kesehatan di Kepulauan Cayman asalnya, media lokal melaporkan pada hari Jumat.

Berwenang Cayman telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Webb dan diharapkan untuk mencari ekstradisi, dilaporkan televisi Cayman 27.

Webb saat ini ditahan di Swiss setelah ditangkap dan didakwa oleh FBI bulan lalu dan sudah menghadapi permintaan ekstradisi dari Amerika Serikat sehubungan dengan tuduhan korupsi sepak bola dibawa oleh Departemen Kehakiman.

Webb adalah salah satu dari tujuh tokoh kuat ditangkap di Zurich pada 27 Mei dua hari sebelum kongres tahunan FIFA, sepak bola dunia yang menakjubkan. Tuduhan oleh jaksa AS termasuk tuduhan bahwa jutaan dolar dibayar suap dalam proses pemilihan FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia laki-laki dan turnamen besar lainnya.

Rekan dekat Webb Canover Watson, juga seorang pejabat sepak bola di Kepulauan Cayman dan Football Union Karibia, ditangkap tahun lalu di lima tuduhan termasuk penipuan, pencucian uang yang berkaitan dengan kartu CarePay sistem pembayaran babatan di Cayman Pelayanan Kesehatan Authority.

“Ketua Komisi Anti-Korupsi dapat mengkonfirmasi bahwa sehubungan dengan investigasi yang sedang berlangsung ke dalam proyek CarePay, biaya lebih telah hari ini telah diletakkan di Pengadilan sehubungan dengan Canover Watson, Jeffrey Webb dan Miriam Rodriguez,” kata seorang Kepulauan Cayman Anti Pernyataan Komisi Korupsi, menurut situs stasiun televisi Cayman 27 ini.

“Surat perintah penangkapan Mr Webb telah saat ini telah dikeluarkan. Kami memahami bahwa dia saat ini sedang ditahan oleh pihak berwenang di Swiss. Hal ini diantisipasi bahwa proses akan menghasut ekstradisi untuk menjawab tuduhan ini,” tambah pernyataan itu.

Laporan itu mengatakan bahwa Webb menghadapi dua tuduhan konspirasi untuk menipu dan satu tuduhan pelanggaran kepercayaan, serta ‘konspirasi untuk mengkonversi properti kriminal’.

Webb 50 tahun terpilih sebagai kepala CONCACAF, konfederasi yang mengatur olahraga di Utara dan Amerika Tengah dan Karibia, pada tahun 2012. Sebelum skandal FIFA ia dipandang sebagai pengganti potensial untuk Presiden FIFA Sepp Blatter.

Kepulauan Cayman Anti Korupsi Komisi tidak segera menanggapi ketika dihubungi untuk memberikan komentar.(reuters)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.